Senin, 06 Februari 2017

C. PEMECAHAN MASALAH

TUGAS IPA 

C. PEMECAHAN MASALAH 

Bagian I 
Hubungan Latihan Fisik dengan Kesehatan 
Latihan fisik secara teratur baik untuk kesehatan. 
    A. Pentingnya Berolahraga
Olahraga sedikitnya 10 menit setiap hari membuat mental menjadi lebih sehat, pikiran jernih, stres berkurang dan memicu timbulnya perasaan bahagia.
Bahwa olahraga membuat peredaran darah menjadi lancar, membakar lemak dan kalori, serta mengurangi risiko darah tinggi dan obesitas merupakan suatu hal yang diketahui umum. Riset terbaru menunjukkan suatu kelebihan lain dari aktivitas ini. Olahraga sedikitnya 10 menit setiap hari membuat mental menjadi lebih sehat, pikiran jernih, stres berkurang dan memicu timbulnya perasaan bahagia.
Secara lebih jelas Daniel Landers, profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University mengungkapkan lima manfaat olahraga terhadap otak Anda.
1.      Meningkatkan kemampuan otakLatihan fisik yang rutin dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. Para ahli percaya bahwa hal-hal ini dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik.
2.      Membantu menunda proses penuaan Riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita di atas 65 tahun. Semakin sering dan lama mereka melakukannya makan penurunan mental kian lambat. Kabarnya, banyak orang merasakan manfaat aktivitas itu setelah sembilan minggu melakukannya secara teratur tiga kali seminggu. Latihan ini tidak harus dilakukan dalam intensitas tinggi. Cukup berupa jalan kaki di sekitar rumah.
3.      Mengurangi stresOlahraga dapat mengurangi kegelisahan. Bahkan lebih jauh lagi, bisa membantu Anda mengendalikan amarah. Latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat Anda lebih cepat mengatasi stres. Aktivitas seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, dan lari merupakan cara terbaik mengurangi stres.
4.      Menaikkan daya tahan tubuh Jika Anda senang melakukan olahraga meski tak terlalu lama namun sering atau lama namun dengan santai melakukannya, maka aktivitas itu bisa meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83 persen orang yang memiliki ganguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan. Landers mengatakan untuk orang yang menderita depresi ringan dan sedang, olahraga sedikitnya 16 minggu bisa menimbulkan efek yang sama dengan menelan obat antidepresi seperti Zoloft dan Prozac.
Sementara para peneliti di Duke University menemukan bahwa 60 persen orang depresi yang melakukan olahraga selama empat bulan dengan frekuensi tiga kali seminggu dan setiap latihan selama 30 menit bisa mengatasi gejala ini tanpa obat. Meski tergolong langkah yang mujarab namun bukan berarti pengobatan bisa langsung dihentikan, apalagi bagi yang mengalami depresi berat.
5.      Memperbaiki kepercayaan diri. Umumnya semakin mahir seseorang dalam suatu jenis aktivitas, maka kepercayaan diri pun akan meningkat. Bahkan suatu riset membuktikan bahwa remaja yang aktif berolahraga merasa lebih percaya diri dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak melakukan kegiatan serupa. 

      B.    Olahraga dengan kesehatan & kebugaran
Aktivitas fisik atau olahraga merupakan bentuk pemberian rangsangan berulang pada tubuh. Tubuh akan beradaptasi jika diberi rangsangan secara teratur dengan takaran dan waktu yang tepat. Proses adaptasi merupakan perubahan struktur dan fungsi tubuh akibat pemberian rangsangan yang berupa latihan fisik selama masa tertentu sampai tubuh memberi respon terhadap rangsangan tersebut.
Takaran latihan yang dianjurkan adalah frekwensi latihan 3-5 kali seminggu, intensitas latihan antar 60-80% denyut dadi maksimal (DNM)=220-umur, Lama laihan berlangsung antara 20-30 menit latihan daya tahan atau aerobic tanpa henti.
Hal hal lain yg perlu diperhatikan dalam suatu proses berlatih adalah tahapan tiap sesi latihan fisik, yaitu latihan pemanasan termasuk latihan peregangan berlangsung 5-10 menit., Latihan inti yaitu denyut nadi dipertahankan minimal 15 menit dalam zona latihan, latihan pendinginan termasuk latihan peregangan selama 5-10 menit.


1. Pertanyaan 1 : 
Latihan fisik Apakah keuntungan dari latihan fisik secara teratur? Lingkarilah " Ya" atau "Tidak" untuk setiap pernyataan

Latihan Fisik Membantu mencegah penyakit jantung
Ya atau Tidak
Latihan Fisik mengarah ke pola makan yang sehat
Ya atau Tidak
Latihan Fisik dapat membantu untuk mengurangi kelebihan berat badan
Ya atau Tidak

Keuntungan dari Latihan Fisik diantarnya adalah ; 
  • Latihan fisik membantu mencegah penyakit jantung.
  •  Latihan fisik mengarah ke pola makan yang sehat. 
  •  Latihan fisik dapat membantu untuk mebgurangi kelebihan berat badan.
2. Pertanyaan 2. 
Apa yang terjadi pada otot ketika dilakukan latihan fisik? Lingkarilah " Ya" atau " Tidak" untuk setiap pernyataan .

Otot mendapatkan peningkatan aliran darah.
Ya atau Tidak
Lemak terbentuk pada otot.
Ya atau Tidak

  •  Otot mendapatkan peningkatan aliran darah Ya,  : Karena ketika kita sedang berolahraga, maka otot akan menerima peninngkatan suplai darah. Dalam darah terdapat oksigen. Kita harus bernafas lebih dalam agar jantung dapat memompa darah, dan darah mendapatkan cukup oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh.

  • Lemak terbentuk pada otot,  Tidak : Karena tidak memperoleh energi. Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh kita. Jika kita tidak mendapat energi yang cukup, maka kita akan menjadi lemas atau keletiha, dan ,jika kita sering melakukan latihan fisik,lemak yang ada ditubuh kita akan terbakar menjadi energi

Bagian II 
Hubungan Latihan Fisik dengan Kesehatan 
 Pernahkah kamu mendengar adanya penderita sakit ginjal dan mengalami cuci darah? \
Perhatikan gambar di bawah ini! 



Gambar di atas menunjukkan proses cuci darah (hemodialisis) pada penderita gagal ginjal. 
Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber dan jawablah pertanyaan berikut. 

1. Apa yang menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal? 

Hal yang menyebabkan gagal ginjal akut yang harus anda ketahui agar bisa terhindar dari penyakit ini.
1. Alkohol
Kebiasaan buruk pertama yang menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal adalah sering mengkonsumsi alkohol. Kebiasaan ini bisa membebani kerja ginjal Anda karena organ tersebut akan bekerja dua kali lebih keras untuk menetralisir dan menyaring racun yang terkandung didalam alkohol. Nah, apabila ginjal terus menerus bekerja keras setiap harinya maka akan membuat fungsinya menurun dan kemudian rusak sehingga menyebabkan gagal ginjal.

2. Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan secara terus menerus tidak hanya membuat Anda menjadi lemas tetapi lama-kelamaan akan membuat fungsi ginjal Anda menjadi terganggu. Cairan sangat dibutuhkan pada saat proses sekresi ginjal, apabila tubuh kekurangan cairan maka tentu saja akan membuat kinerja ginjal semakin berat untuk melakukan sekresi sehingga ini bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. Konsumsilah air putih setidaknya 8 gelas sehari agar cairan tubuh Anda tercukupi.

3. Hipovolemia
Apakah Anda pernah mendengar kata Hipovelemia ? Hipovelemia merupakan kondisi dimana jumlah darah yang ada didalam tubuh berkurang yang disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah pendarahan hebat, kecelakaan, atau akibat operasi. Jika tidak ditangani dengan cepat maka orang yang mengalami Hipovelemia akan mengalami gagal ginjal akut.

4. Keracunan
Penyebab seseorang terkena gagal ginjal akut selanjutnya adalah karena keracunan obat atau jamu. Untuk itu Anda jangan sembarangan mengkonsumsi obat-obatan atau jamu diluar sana tanpa resep dokter karena bisa membahayakan kesehatan ginjal Anda, jika terjadi keracunan maka bisa menyebabkan gagal ginjal.

5. Pukulan
Gagal ginjal juga bisa diakibatkan oleh pukulan atau benturan benda keras. Hal ini bisa menyebabkan ginjal kita menjadi cidera sehingga akan menganggu kinerja ginjal. Apabila sudah demikian maka resiko untuk terkena gagal ginjal sangatlah besar.

6. Minuman Energi
Minuman berenergi memang membuat tubuh menjadi bugar dan bisa meningkatkan stamina secara instan, biasanya orang-orang yang sangat sibuk dan pekerja keras sangat mengandalkan minuman berenergi untuk menjaga mereka agar tetap aktif. Namun tahukah Anda bawah kebiasaan mengkonsumsi minuman berenergi ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda terutama kesehatan ginjal, bahkan bisa mengakibatkan gagal ginjal.

7. Darah Tinggi
Darah tinggi merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelebihan kolesterol didalam tubuh. Selain bisa menyebabkan stroke, darah tinggi juga bisa membuat seseorang mengalami gangguan ginjal.

8. Diabetes
Diabetes juga merupakan penyakit mematikan karena bisa membuat penderitanya mengalami komplikasi. Bahkan seseorang yang menderita diabetes sangat rentan terkena penyakit gagal ginjal karena insulin yang dihasilkan oleh tubuh tidak berkualitas maka akan memperberat kinerja ginjal dalam memfilter racun didalam tubuh.

9. Saluran Kemih Tersumbat
Saluran kemih tersumbat menyebabkan terhambatnya urin untuk keluar sehingga hal ini akan membuat urin berbalik ke ginjal. Jika tidak diatasi dengan cepat maka lama-kelamaan urin tadi akan semakin tinggi dan menekan ginjal Anda, hal inilah yang kemudian membuat ginjal menjadi rusak dan pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

10. Batu Ginjal
Penyebab terakhir seseorang bisa terkena gagal ginjal akut adalah karena adanya batu ginjal. Batu yang ada didalam ginjal akan menghalangi fungsi dan kinerja ginjal sehingga lama kelamaan akan membuat seseorang menderita gagal ginjal.

2. Mengapa penderita gagal ginjal menjalani cuci darah? 
Penyakit gagal ginjal kronik adalah kerusakan ginjal yang dialami selama kurun waktu 3 (tiga) bulan atau lebih dengan keadaan sebagai abnormalitas struktural atau abnormal fungsional ginjal. Bila penderita ginjal kronik dapat sampai ke tingkat cuci darah maka ini berarti kerusakan ginjal sudah berlangsung lama dan biasanya memerlukan cuci darah seumur hidup.

Penyakit gagal ginjal akut adalah penurunan fungsi ginjal yang terjadi secara tiba - tiba dan pada beberapa kondisi diperlukan cuci darah. Pasien dengan penyakit ginjal akut bila dapat diobati penyebabnya maka dapat membaik dan selanjutnya tidak memerlukan tindakan cuci darah lagi.

Baik penyakit ginjal kronik maupun ginjal akut tetaplah disarankan untuk cuci darah, untuk itu kapankah sebenarnya kita disarankan cuci darah? Cuci darah dapat dilakukan bila fungsi ginjal kurang dari 15 ml/menit. Namun bisa juga kurang dari 10 ml/menit dengan disertai gejala uremia dan malnutrisi. Bagi penderita diabetes bila 5 ml/menit pun dapat dilakukan lebih awal untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Cuci Darah Secara Medis Harus Dilakukan

Berikut marilah kita lihat kondisi-kondisi tertentu yang perlu segera dilakukan cuci darah (hemodialisis) secara medis, yaitu:
  • Kondisi pH darah pasien yang sangat rendah dan tidak dapat dinaikkan lagi dengan obat-obatan.
  • Kondisi keracunan, dilakukan cuci darah untuk membantu menurunkan tingkat keracunannya, seperti keracunan methanol.
  • Kondisi dengan tingkat sisa metabolisme ureum dalam tubuh sangat tinggi dengan gejala klinis sbb: mual muntah, kecegukan yang tidak berhenti, penurunan kesadaran, bahkan bisa kejang - kejang.
  • Elektrolit imbalance. Pada umumnya yang menjadi masalah adalah kelebihan kalium, menjadi hiperkalemi. Kondisi ini bila tidak segera diatasi dapat menyebabkan gangguan pada jantung.
  • Terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Biasanya terjadi penumpukan cairan dalam paru-paru yang disebut sebagai Edema Paru, sehingga menyebabkan pasien menjadi sesak nafas hebat
Cuci darah hanyalah salah satu tindakan medis untuk penyakit ginjal diatas, prosedur lain yang bisa ditempuh oleh penderita ginjal kronik adalah dengan transplantasi ginjal.

3. Bagaimana proses hemodialisis? 
Tujuan dari Hemodialisis
Ada beberapa tujuan dilakukannya hemodialisis, antara lain:
1. Menggantikan fungsi ginjal dalam fungsi ekskresi, yaitu membuang sisa-sisa metabolisme dalam tubuh, seperti ureum, kreatinin, dan sisa metabolisme yang lain.
2. Menggantikan fungsi ginjal dalam mengeluarkan cairan tubuh yang seharusnya dikeluarkan sebagai urin saat ginjal sehat.
3. Meningkatkan kualitas hidup pasien yang menderita penurunan fungsi ginjal.
4. Menggantikan fungsi ginjal sambil menunggu program pengobatan yang lain.
Proses Hemodialisis
Pada proses hemodialisis, darah dialirkan ke luar tubuh dan disaring di dalam ginjal buatan (dialyzer). Darah yang telah disaring kemudian dialirkan kembali ke dalam tubuh. Rata – rata manusia mempunyai sekitar 5,6 s/d 6,8 liter darah, dan selama proses hemodialisa hanya sekitar 0,5 liter yang berada di luar tubuh. Untuk proses hemodialisa dibutuhkan pintu masuk atau akses agar darah dari tubuh dapat keluar dan disaring oleh dialyzer kemudian kembali ke dalam tubuh. Terdapat 3 jenis akses yaitu arteriovenous (AV) fistula, AV graft dan central venous catheter. AV fistula adalah akses vaskular yang paling direkomendasikan karena cenderung lebih aman dan juga nyaman untuk pasien.
Sebelum melakukan proses hemodialisis(HD), perawat akan memeriksa tanda – tanda vital pasien untuk memastikan apakah pasien layak untuk menjalani Hemodialysis. Selain itu pasien melakukan timbang badan untuk menentukan jumlah cairan didalam tubuh yang harus dibuang pada saat terapi.
 Langkah berikutnya adalah menghubungkan pasien ke mesin cuci darah dengan memasang blod line (selang darah) dan jarum ke akses vaskular pasien, yaitu akses untuk jalan keluar darah ke dialyzer dan akses untuk jalan masuk darah ke dalam tubuh. 
Setelah semua terpasang maka proses terapi hemodialisa dapat dimulai. Pada proses hemodialisa, darah sebenarnya tidak mengalir melalui mesin HD, melainkan hanya melalui selang darah dan dialyzer. Mesin HD sendiri merupakan perpaduan dari komputer dan pompa, dimana mesin HD mempunyai fungsi untuk mengatur dan memonitor aliran darah, tekanan darah, dan memberikan informasi jumlah cairan yang dikeluarkan serta informasi vital lainnya. Mesin HD juga mengatur cairan dialisat yang masuk ke dialyzer, dimana cairan tersebut membantu mengumpulkan racun – racun dari darah. Pompa yang ada dalam mesin HD berfungsi untuk mengalirkan darah dari tubuh ke dialyzer dan mengembalikan kembali ke dalam tubuh.
Hemodialisis berkala dilakukan oleh pasien yang telah mengalami gagal ginjal terminal. Pada keadaan ini fungsi ginjal sudah sangat menurun yang secara medis ditandai dengan Laju Filtrasi Glomerulus (LFG) atau Glomerulus Filtration Rate (GFR) di bawah 8 ml/menit/1.73m2. Pada kelompok pasien ini, hemodialisis harus dilakukan 3 kali seminggu atau lebih. Lama tindakan hemodialisis rata-rata berjalan antara 3-5 jam tergantung keadaan pasien dan jenis hemodialisis yang dilakukan. Di negara maju, terapi hemodialsis merupakan tindakan sementara, yang dilakukan sebelum dilakukan sebelum transplantasi ginjal. Di Indonesia transplantasi ginjal belum umum dilakukan sehingga biasanya tindakan hemodialisis dilakukan terus menerus.

4. Bagaimana caranya agar kamu tidak sampai mengalami sakit ginjal?

Cara pencegahan penyakit ginjal sejak dini Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Dan ketika Anda bisa merawat ginjal Anda sejak dari awal, maka resiko gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya bisa ditekan. 
Berikut 10 tips cara mencegah penyakit ginjal : 

1. Memagajemen  diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dengan baik :
 Penyakit ginjal adalah penyakit sekunder sebagai akibat dari penyakit primer. Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah penyebab utama disebagian besar kasus penyakit ginjal. Oleh karena itu, selalu kendalikan kadar gula, kadar kolesterol dan, tekanan darah dengan jalan mengikuti diet sehat, olahraga. Pedoman pengobatan yang benar sangat penting untuk mencegah penyakit ginjal. 

2. Mengurangi asupan garam : 
Garam adalah sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal. Lihat juga :  Beberapa Penyakit yang bisa disebabkan Karena Stres 

3. Minum banyak air setiap hari : 
Air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Jadi pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.
 
4. Jangan menahan buang air kecil :
 Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal Anda. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang. Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin BAK dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 120-150 ml urin. Jadi, jika Anda mulai mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil, kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal. Baca juga Mengetahui kondisi kesehatan berdasarkan warna urin 

5. Makan dengan benar: 
Hampir semua proses yang terjadi di dalam tubuh Anda dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan bagaimana cara Anda makan. Jika Anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh Anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal. Anda harus menyertakan mengkonsumsi makanan yang tepat dalam diet Anda, terutama makanan yang bisamemperkuat ginjal seperti ikan, asparagus, sereal, bawang putih dan peterseli. Buah-buahan seperti semangka, jeruk dan lemon juga baik untuk kesehatan ginjal.

 6. Minum-minuman yang sehat :
 Termasuk jus segar atau jus blender adalah cara lain supaya Anda bisa memasukkan lebih banyak cairan dan menjaga ginjal Anda selalu sehat. Jus membantu sistem pencernaan untuk mengekstrak lebih banyak air dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh. Hindari berlebihan minum minuman bersoda, kopi atau  teh, karena minuman ini mengandung kafein yang berpotensi mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Jadi dengan demikian, ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuangnya. Lihat juga :  Makanan yang bisa Meningkatkan Mood Jika Anda sudah menderita masalah dengan ginjal, maka Anda harus menghindari jus yang terbuat dari sayuran seperti bayam dan bit. Hal ini karena kedua sayuran tersebut kaya akan asam oksalat, yang menyebabkan pembentukan batu ginjal. Tapi Anda pasti bisa minum air kelapa. 

7. Hindari alk*hol dan mer*kok : 
Kelebihan asupan alk*hol bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan pengendali hormonal yang mempengaruhi fungsi ginjal. Mer*kok memang tidak terkait langsung dengan masalah ginjal, tetapi bisa mengurangi fungsi ginjal secara signifikan – plus memiliki efek buruk pada kesehatan jantung, yang selanjutnya bisa memperburuk masalah ginjal. 

8. Olahraga rutin :
 Para ahli dan peneliti yakin bahwa obesitas sangat terkait dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal terkait. Kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat. Berolahraga, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, Anda akan selalu merasa segar dan aktif. Berikut lebih lanjut tentang bagaimana obesitas dan penyakit ginjal terkait 

9. Hindari mengkonsumsi obat tanpa saran dari medis : 
Apapun jenis obat-obatan yang Anda konsumsi harus melewati ginjal untuk dilakukan penyaringan. Penambahan dosis atau minum obat-obatan tanpa Anda sadari bisa meningkatkan beban racun pada ginjal. Itulah mengapa Anda harus selalu mengikuti resep dan dosis yang diberikan ahli kesehatan, dan menghindari mengobati diri sendiri. 

10.  Hati-hati mengkonsumsi suplemen dan obat-obatan herbal atau jamu :
 Jika Anda mengambil suplemen vitamin atau beberapa suplemen herbal, Anda harus mempertimbangkan dengan kebutuhan Anda. Berlebihan mendapatkan asupan vitamin dan herbal tertentu atau jamu terkait dengan kerusakan ginjal. Anda harus berkonsultasi dengan dokter mengenai risiko penyakit ginjal sebelum mengambil suplemen dan jamu.


Sumber : 


http://betaniakta5.blogspot.co.id/2015/10/hubungan-olahraga-dengan-kesehatan-dan.html

http://www.beringaz.com/2015/09/10-hal-yang-menyebabkan-seseorang-terkena-gagal-ginjal-akut.html

http://obatginjalalami.blogspot.com/2015/07/mengapa-gagal-ginjal-harus-melakukan.html

http://www.astalog.com/8025/bagaimana-proses-hemodialisis.htm

http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/cara-mencegah-penyakit-ginjal.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar